Jumat, 18 November 2011

, Lahir Dari Tugas Akhir Mahasiswa Seni

Tricruiser MV Agusta, Lahir Dari Tugas Akhir Mahasiswa Seni

 Jangan kaget melihat motor konsep dari MV Agusta yang satu ini. Pasalnya, motor ini bukan lahir dari tangan desainer MV Agusta yang dikenal mahir menciptakan motor berdesain eksotis.

Sport bike yang punya julukan Tricruiser MV Agusta ini justru lahir dari para mahasiswa yang tengah menyelesaikan tesis program pasca sarjana di Institut Desain Eropa di Turin.

Para mahasiswa diajak membuat desain dengan platform rangka dan mesin MV F3. Mesin tiga silinder berkapasitas mesin 675 cc. Tantangan lainnya adalah harus tetap mempertahankan identitas brand untuk gambaran masa depan Sportourer tiga tahun dari sekarang.

Sportourer ini sendiri dipilih sebagai konsep dasar desain motor. Tujuannya untuk menciptakan sepeda motor bernuansa sport yang tetap nikmat diajak turing jarak jauh.

Seluruh kelas di bawah bimbingan Giampaolo Louis bekerja dalam dua tahap proyek. Tahap pertama melibatkan analisis dari brand, mempelajari definisi konsep dan nilai sportivitas sebagaimana ditampilkan oleh MV Agusta. Tahap berikutnya melibatkan pengembangan yang lebih nyata yang terealisasi dalam bentuk 2D dan 3D.

Masing-masing mahasiswa mengumpulkan proyek mereka. Tapi hanya satu yang tepilih yaitu desain Tricruiser yang diciptakan oleh Antonio Quitadamo. 

Desain motor gambot untuk perjalanan jauh namun tetap nyaman bagi pengendara dan penumpang. Tricruiser juga memiliki tangki yang di desain dengan kapasitas perjalanan jauh. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Tricruiser memiliki lapisan fairing yang terpisah dan tersembunyi. Asiknya, bentuk air scoop di fairing depannya diyakini terinspirasi bentuk sport car.

Meski desainnya keren, tapi perlu diingat, proyek ini tidak ada kaitannya denganproyek resmi MV Agusta SpA Design Center. Artinya tidak akan diproduksi masal oleh MV Agusta.

Kalau gitu, boleh lah jadi inspirasi modifikasi di Indonesia. Monggo..(motorplus-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money