Rabu, 09 November 2011

Tips Berkendara di saat hujan

Tips Berkendara di saat hujan

 Bagi biker sebagai mahluk yang tak kepanasan kala hujan dan tak kedinginan kala panas, hujan merupakan suatu tantangan tersendiri saat berkendara. Bisa mengganggu konsentrasi berkendara, bahkan bisa juga menyakitkan alias jadi penyakit jika dibiarkan. Berikut beberapa tips yang mudah-mudahan ga basbang dan bisa bermanfaat.

Bagi sebagian besar pengendara motor, cuaca hujan sangatlah tidak menyenangkan, karena hal itu bisa menggangu perjalanan dan pengendara motor juga harus dituntut extra hati-hati dalam menjalankan motornya disaat cuaca hujan. Berikut ada beberapa tips kecil dari pengalaman saya buat bro and sist agar dapat berkendara yang aman dan nyaman pada saat turun hujan.

Hidupkan lampu depan, meskipun hujan tidak terlalu lebat.  Lampu ini tidak saja membantu kita melihat jalan tetapi juga membantu pengemudi lain agar dapat melihat posisi kita di jalan.
Gunakan jas hujan yang baik, yang modelnya baju dan celana. Hindari penggunaan jas hujan model ponco, karena sangat tidak aman digunakan saat mengendarai motor.
Gunakan sepatu untuk melindungki kaki kita dari air hujan, lebih bagus yang anti air, atau kalau tidak gunakan sarung sepatu saat hujan yang banyak dijual di pasaran.
Kendarai motor dengan kecepatan rendah untuk menghindari terjadinya gelombang air akibat belahan dari roda depan.
Hindari mengendarai motor di samping mobil saat melewati genangan air, selain bisa terkena cipratan juga keadaan motor akan tidak stabil karena terkena hantaman gelombang air yang ditimbulkan oleh mobil.
Kurangi kecepatan pada saat hujan karena ada kemungkinan air dapat bercampur dengan oli diatas permukaan jalan dan tidak terlihat oleh kita, sehingga akan membuat jalan  tersebut menjadi lincin dan dapat membuat ban menjadi slip.

Setelah melewati genangan air, jangan langsung tancap gas motor kita karena kondisi kampas rem yg bisa saja basah oleh air membuat daya cengkramnya berkurang. Coba tekan tuas rem depan dan belakang sedikit demi sedikit dengan berjalan pelan untuk mengeringkan kampas rem yang terkena air.
Usahakan kita bersikap tenang ketika melewati jalan yang tergenang oleh air. Kita bisa memprediksi kedalaman genangan air dengan melihat kondisi di lapangan seperti tortoar atau kendaraan yang sudah melintas di genangan air tersebut. Apabila dimungkinkan, silahkan melewati genangan air, tapi kalau sejak awal sudah diperhitungkan genangan air tidak mungkin dilewati oleh kendaraan kita karena tinggi permukaan air yang diatas atas kemampuan motor kita, jangan  memaksakan untuk jalan terus, coba cari jalur alternative lain.

Tips Merawat Sepeda Motor Di Saat Musim Hujan

Tips Merawat Sepeda Motor Di Saat Musim Hujan 



 

Cuaca sekarang sangat sulit untuk diprediksi. Terkadang panas, tapi bisa juga hujan. Bila sudah turun hujan biasanya motor Bikes akan kebasahan. Dan bila sudah begini, mau tidak mau Bikes mesti mencuci motor yang telah basah kuyup. Sebab, bila Bikes membiarkan motor dalam kondisi basah, bisa-bisa terjadi karat di beberapa bagian motor Bikes.

Apa saja yang mesti Bikes persiapkan dan jaga dalam kondisi hujan. Berikut tips merawat motor di saat hujan yang disarankan oleh Service Technical Advisor YMKI Jawa Barat, April Priatno.

1. Ban

 

Dalam cuaca basah, Bikes mesti periksa kondisi ban motor. Yang pertama adalah tekanan angin. Sesuaikan tekanan angin ban motor Bikes dan jangan biarkan ban motor kurang angin. Hal ini untuk menjaga stabilitas motor saat jalanan basah. Kedua adalah jalur ban. Bila jalur ban sudah tipis atau gundul, maka Bikes mesti menggantinya. Karena tipisnya ban akan berakibat fatal dan laju motor menjadi licin.

1. Kampas rem

 

Saat musim hujan, daya cengkram kampas rem akan berkurang akibat basah. Bila kampas rem Bikes sudah habis, segeralah ganti kampas rem. Jangan biarkan kampas rem tipis karena bisa menimbulkan kecelakaan saat Bikes melakukan rem dadakan.

1. Rantai

Untuk rantai terbuka, lumasi rantai yang telah terkena hujan agar tidak cepat kering dan aus. Sedikit demi sedikit, air hujan akan menyusutkan pelumas di rantai Bikes. Secara tidak langsung, air hujan bisa mengkikis pelumas di rantai dan bisa menyebabkan rantai kering.

1. Busi

Pastikan busi Bikes tertutup dengan benar oleh kepala busi. Kepala busi berfungsi sebagai pencegah masuknya air kala hujan atau saat jalan terendam banjir.

1. Box filter

Bila Bikes melepas box filter pada karburator, maka untuk musim hujan harap dipasang kembali box filter. Jika box filter tidak terpasang, air hujan bisa langsung masuk ke karburator dan bisa mengakibatkan motor mogok.

1. Knalpot

Jangan biarkan leher knalpot dalam kondisi basah. Jika dibiarkan, leher knalpot bisa berkarat dan keropos. Pastikan leher knalpot kering setelah terkena hujan atau banjir.

1. Jari-jari roda

 

Gunakan lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yang kebasahan. Bila tidak, jari-jari pada velg Bikes akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak di luar, tapi terjadi di dalam velg.



Perawatan adalah hal mudah untuk menjaga kondisi motor Bikes tetap prima. Jangan malas dan menganggap sepele masalah perawatan motor di saat hujan. Bersihkan motor Bikes yang telah terkena air hujan dan pastikan di lap hingga kering.

Honda Scoopy, Wanita Jadi Inspirasi

Honda Scoopy, Wanita Jadi Inspirasi


Tanpa perlu menutupi maksud dan tujuannya, Vincent Wijaya memodifikasi Honda Scoopy miliknya karena terinspirasi seorang wanita berinisial ‘I’. Mantapnya, foxylady itu juga salah satu pembalap drag bike di salah satu workshop yang ada di Cimahi, Bandung, Jawa Barat. Wahhh.., so sweet...!


“Iya. Makanya motor ini dijuluki Ratu Violet,” beber pemuda 18 tahun yang tinggal di Kebun Jeruk XV, Jakarta Pusat.

Dijuluki Ratu, tentu karena dipersembahkan buat wanita. Tapi, embel-embel violet muncul karena kelir yang ditampilkan. Semua sudah didominasi kelir ungu.

Soal desain dan pengecatan, Vincent menyerahkan ke Shagi Custom Paint (SCP). Tapi, sesuai hobinya yang bermain di sisi kecepatan, grafis yang diminta pun harus bernuansa racing. Maksudnya, dipenuhi desain tak jauh dari grafis tajam.

"Apalagi untuk main modifikasi, ini proyek pertama. Sebelumnya lebih banyak menggarap motor buat balap,” imbuh Vincent yang juga dagang part variasi skubek dari Thailand.

Toh, selain pakai kulit jok Bride yang lebih dikenal sebagai jok balap di mobil, pelek kecil ikut dimainkan.

Ya, roda profil kecil ciri motor balap lurus. Maklum, kan wanita yang menjadi inspirasinya kerap menunggang pacuan drag!  (motorplus-online.com)
http://motorplus.otomotifnet.com/

DATA MODIFIKASI
Ban depan    : Vee Rubber 45/90-17
Ban belakang    : Vee Rubber 50/90-17
Handel rem    : NUI
Pelek    : Kawasaki Ninja 250
Vincent Racing Gallery: 0856-9188-1290

 

Honda Hadirkan Empat Moge Baru Bertransmisi Dual Clutch di EICMA

Honda Hadirkan Empat Moge Baru Bertransmisi Dual Clutch di EICMA 


Hadir di EICMA, Milan, Italia, Honda membawa serta empat moge terbarunya. Yaitu, Crosstourer, NC700X dan NC700S serta skubek gambot Integra. Semuanya pakai Dual Clutch Transmission.

Dual Clutch Transmission ini membuat perpindahan gigi menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan, ada dua perangkat kopling yang masing-masing bekerja untuk tiap perbandingan gigi ganjil dan genap. Dual Clutch Transmission juga bisa dioperasikan secara automatic dan manual.

Crosstourer adalah sebuah motor sport adventure dengan mesin V4. Mesin 1.200 cc nya ini menawarkan daya jelajah tinggi lengkap dengan styling khas motor penjelajah. Cirinya, sokbraker dengan travel panjang dan memiliki posisi berkendara yang tegak.

Honda juga memberikan sentuhan Traction Control System dan Combined ABS untuk kemudahan handlingnya. Satu lagi teknologi barunya adalah optional Dual Clutch Transmission.

Honda juga memajang dua mid-sized machine. Yaitu NC700X dan NC700S, keduanya sama-sama pakai mesin baru dua silinder segaris 670 cc dengan liquid-cooled. Mesin barunya ini memiliki power hingga 47,6 hp.

Untuk kelengkapannya sudah dibekali dengann combine-ABS dan Dual Clutch Transmission. Pada model NC700X, desainya dibuat ala motor adventure. Sedang NC700S punya desain bodi yang lebih cocok buat dipacu di aspal.

Satu lagi adalah skuter Integra. Mengusung mesin 670 cc, matik ini juga dilengkapi dengan Dual Clutch Transmission. Seperti sudah dibeberkan dalam artikel sebelumnya, kenyamanan jadi utama dalam pengembangan varian ini

sumber;http://motorplus.otomotifnet.com/

 

Yamaha Scorpio, Reinkarnasi Scorpio

Yamaha Scorpio, Reinkarnasi Scorpio

 

 

Senjaya Gunawan percaya akan makna reinkarnasi. Itu dibuktikan melalui modifikasi Yamaha Scorpio 2004 miliknya. Dia coba ‘melahirkan kembali’ Scorpio itu agar tetap terlihat segar dan bernyawa ketika dipakai harian dan turing. Terutama, melalui urusan cover bodi.


“Semua part bodi pakai New Scorpio-Z. Biar orang mengira motor ini keluaran terbaru,” ungkap pria yang akrab disapa Jay’s di klub Scorpio Owners Community (SOC) Bandung.

Makin terlihat kekar, ketika Jay’s aplikasi sok depan Yamaha Byson. Termasuk lampu dan spidometer. Alasannya karena lebih murah. Dan, jika rusak, mudah cari suku cadang pengganti ketimbang part limbah.

“Tapi, lengan ayun pakai arm Aprillia RS125,” kata pria yang juga punya bengkel Gembira Motor di Jl. Raya Ciranjang No. 106A, Cianjur, Jawa Barat.http://motorplus.otomotifnet.com/

DATA MODIFIKASI
Ban depan   : Battlax 110/70-17
Ban belakang   : Battlax 150/70-17
Disk brake    : PSM
Cover Knalpot  : Yamaha Byson
Gembira Motor : 0819-1218-8882


Spesifikasi Yamaha Byson

Yamaha Byson | Yamaha FZ16 |Yamaha Bison Spesifikasi,Harga,Foto
Bison adalah motor sport bergaya streetfighter terbaru dari produk Yamaha, yang lebih dulu diluncurkan di India dengan nama Yamaha FZ16. Mesin Yamaha Byson / Yamaha Bison berkapasitas 153cc, dengan karburator, bertenaga 10,1 Ps. Motor Yamaha Byson / Yamaha Bison ini juga sudah dilengkapi speedometer digital, knalpot dengan katalytic conventer, serta garpu besar dam ban tapak lebar 130 mm, sehingga menjamin handling Yamaha Byson / Yamaha Bison yang asik diajak bermanuver.
Yamaha menawarkan Byson / Bison hanya dalam satu varian saja yakni tipe casting wheel, dengan empat pilihan warna, hitam, merah, biru dan putih. Okeh untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah spesifikasi lengkap Yamaha Byson / Yamaha Bison
Harga Yamaha Byson / Harga Yamaha Bison
dibandrol dengan harga Rp 19,9 juta on the road Jakarta dan untuk luar jakarta mungkin naik lagi harganya berkisar 1 s/d 2 juta rupiah atau 21 – 22 juta rupiah:
Yamaha Byson | Yamaha FZ16 |Yamaha Bison Spesifikasi, Harga, Foto, Video
Yamaha Byson / Yamaha Bison

scooter paling abadi

scooter yang paling abadi


scooter jaman dulu yang masih saja abadi di indonesia hingga skarang ,tetapi masyarakat lebih sering menyebut vespa.
Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. 
ada beberapa jenis vespa di dunia diantaranya sebagai berikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money