Rabu, 09 November 2011

Tips Berkendara di saat hujan

Tips Berkendara di saat hujan

 Bagi biker sebagai mahluk yang tak kepanasan kala hujan dan tak kedinginan kala panas, hujan merupakan suatu tantangan tersendiri saat berkendara. Bisa mengganggu konsentrasi berkendara, bahkan bisa juga menyakitkan alias jadi penyakit jika dibiarkan. Berikut beberapa tips yang mudah-mudahan ga basbang dan bisa bermanfaat.

Bagi sebagian besar pengendara motor, cuaca hujan sangatlah tidak menyenangkan, karena hal itu bisa menggangu perjalanan dan pengendara motor juga harus dituntut extra hati-hati dalam menjalankan motornya disaat cuaca hujan. Berikut ada beberapa tips kecil dari pengalaman saya buat bro and sist agar dapat berkendara yang aman dan nyaman pada saat turun hujan.

Hidupkan lampu depan, meskipun hujan tidak terlalu lebat.  Lampu ini tidak saja membantu kita melihat jalan tetapi juga membantu pengemudi lain agar dapat melihat posisi kita di jalan.
Gunakan jas hujan yang baik, yang modelnya baju dan celana. Hindari penggunaan jas hujan model ponco, karena sangat tidak aman digunakan saat mengendarai motor.
Gunakan sepatu untuk melindungki kaki kita dari air hujan, lebih bagus yang anti air, atau kalau tidak gunakan sarung sepatu saat hujan yang banyak dijual di pasaran.
Kendarai motor dengan kecepatan rendah untuk menghindari terjadinya gelombang air akibat belahan dari roda depan.
Hindari mengendarai motor di samping mobil saat melewati genangan air, selain bisa terkena cipratan juga keadaan motor akan tidak stabil karena terkena hantaman gelombang air yang ditimbulkan oleh mobil.
Kurangi kecepatan pada saat hujan karena ada kemungkinan air dapat bercampur dengan oli diatas permukaan jalan dan tidak terlihat oleh kita, sehingga akan membuat jalan  tersebut menjadi lincin dan dapat membuat ban menjadi slip.

Setelah melewati genangan air, jangan langsung tancap gas motor kita karena kondisi kampas rem yg bisa saja basah oleh air membuat daya cengkramnya berkurang. Coba tekan tuas rem depan dan belakang sedikit demi sedikit dengan berjalan pelan untuk mengeringkan kampas rem yang terkena air.
Usahakan kita bersikap tenang ketika melewati jalan yang tergenang oleh air. Kita bisa memprediksi kedalaman genangan air dengan melihat kondisi di lapangan seperti tortoar atau kendaraan yang sudah melintas di genangan air tersebut. Apabila dimungkinkan, silahkan melewati genangan air, tapi kalau sejak awal sudah diperhitungkan genangan air tidak mungkin dilewati oleh kendaraan kita karena tinggi permukaan air yang diatas atas kemampuan motor kita, jangan  memaksakan untuk jalan terus, coba cari jalur alternative lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money