Tak Dapat dipungkiri,
BBM
untuk tahun belakangan ini menjadi sesuatu yang banyak diperdebatkan.
Naik turun harga bensin pun sangat berpengaruh terhadap segala aspek
perekonomian, yang berakibat sembako mahal, tranportasi juga mahal dan
aspek-aspek lainnya pada naik juga
Namun disini akan memmbagi tips bagi para pengguna motor, cara Membuat
Motor
Kita Irit BBM dengan menghemat atau mensiasati penggunaan bensin motor
kita agar lebih irit. Berikut adalah tips jitu untuk mengirit konsumsi
BBM di motor anda.
1. Memasang Power Booster
Trik paling gampang untuk menghemat bensin
adalah dengan cara memperbesar pengapian. Hal ini berlaku untuk motor 2
tak dan 4 tak. Dengan memperbesar api/tegangan, otomatis bahan yang
diletup busi makin sempurna terbakar. Singkatnya bersih tak tersisa,
jadi tidak perlu membuka gas besar untuk mendapatkan tenaga spontan.
Bagaimana caranya? Pasang saja power booster, alat ini dapat dibeli di
toko-toko onderdil.
2. Setel Ulang Pelampung
Jumlah
bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar akan ditampung dulu oleh
karburator. Kalau pada saat itu saja sudah boros mensuplay bensin, mana
bisa disebut irit. Agar motor makn irit dan tidak mempengaruhi tenaga,
turunkan ketinggian pelampung karburator 1-2 mm, dijamin konsumsi bensin
akan lebih irit.
3. Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
Cara
ini berfungsi untuk motor 4 tak yang sudah pernah dikorek (setingan
balap). Pasalnya, untuk mengungkit tenaga di putaran atas, lobe
separation angle (LSA) dibuat lebih renggang. Otomatis bukaan makin lama
dan bensin akan boros. Supaya tidak boros sekali, kecilkan sudut
LSAnya. Dengan sudut yang kecil bukaan klep tidak akan terlalu lama
sehingga bensin tadi tidak banyak mengalir ke ruang bakar.
4. Bikin Rapat Setelan Klep
Khusus
motor 4 tak, cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengubah setelan
klep. Karena perangkat inilah yang mengatur campuran bahan bakar dan
udara masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep standar,
otomatis bukaan valve juga menyempit. Semburan bensin akan menjadi
sedikit.
5. Membersihkan Kerak
Adanya kerak sangat merugikan
baik dalam proses pembakaran ataupun pembuangan. Jika ada diseher,
silinder kop atau klep, mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna.
Campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar semuanya gara-gara kerak.
Dampaknya, bensin dan udara yang tersalur ke ruang bakar boros. Kerak
tidak hanya menempel pada bagian itu, kerak juga dapat menumpuk pada
knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas tidak lancar.
6. Manifold Berkisi-kisi
Sebagai
saluran masuk udara dari karbu ke ruang bakar, leher angsa (manipol)
juga mampu menghemat BBM, yaitu bentuk manifold yang berkisi-kisi.
Kisi-kisi ini akan membuat pusaran udara sehingga campuran bensin dan
udara makin homogen sehingga pembakaran akan menjadi sempurna.
7. Gunakan Oli berkualitas
Pelumas
yang berkualitas jelek akan dapat membuat motor kita makin haus bensin.
Kenapa? Karena oli yang tidak berkualitas membua gesekan antara
material kian banyak, suhu melonjak tinggi, kerja dapur pacu makin berat
dan akhirnya konsumsi bensin akan boros. Paling aman sih memakai oli
anjuran dari pabrik.
8. Busi Lebih Panas
Jika temperatur di
lingkungan makin dingin, suhu kerja mesin akan sulit pada kondisi ideal.
Jadi membutuhkan banyak bahan bakar untuk mencapai kondisi yang ideal.
Untuk mengatasinya dianjurkan memakai busi yang lebih panas dari
standar. Misalnya anda biasa memakai busi denso ND24, turunkan menjadi
DN22. dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama bagi motor untuk
menuju suhu kerja optimalnya.