Kamis, 01 Desember 2011

Pasang Lampu Byson di Yamaha Scorpio Lebih Fresh, Gagah & Beda

Pasang Lampu Byson di Yamaha Scorpio Lebih Fresh, Gagah & Beda

 Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merefresh tampilan motor. Mulai dari customizing sampai coba memanfaatkan part dari motor lain supaya terlihat beda. Salah satu yang acap dilakukan adalah mengganti head lamp.

Misalnya saja bagi para pemilik Yamaha Scorpio. Motor sport ini mempunyai penggemar yang cukup banyak. Tapi, di antara pemilik tadi ada juga yang mengeluhkan bentuknya yang itu-itu saja. Sekarang mari coba trik berikut ini supaya tampilan ‘Kalajeng king 225cc itu berubah.

Topo Goedhel Atmodjo dari bengkel Tauco Custom (TC) coba kasih masukan. "Saat ini sudah ada beberapa pengguna Scorpio yang ganti lampu dengan punya Byson. Hasilnya jauh lebih menarik," yakin Topo.

Pertukaran lampu sesama motor Yamaha ini juga punya nilai plus. Jika ikut contezt tidak akan mengurangi poin karena masih dalam satu merek.

"Selain itu untuk memasang lampu ini gampang sekali. Karena tidak banyak bahan dan material yang dibutuhkan," kata Topo lagi. Baiklah, kita mulai saja.


Dibor untuk ukuran baut 12
Pertama, tentu saja harus membeli lampu Byson terlebih dahulu. "Beli yang satu paket dengan braketnya, kalau tidak salah harganya hanya Rp 400 ribu," ujar modifikator urakan ini.

Berikutnya tentu saja mencopot lampu asli yang nempel du Scorpio. Setelah itu tinggal membuat dudukan baru yang nantinya akan menjadi pegangan si batok lampu Byson tadi.

Dudukan ini dibuat menggunakan pelat besi ketebalan 2mm. "Kemudian pelat dibor sebanyak 4 lubang dengan ukuran baut 12," lanjut pria yang ngebengkel di Jl. Kebagusan Raya, Jakarta Selatan ini.

Setelah itu, tinggal dibautkan antara dudukan tadi dengan motor. "Untuk bagian atas, tinggal dibautkan ke segitiga atas motor," cerita spesialis modif dengan pelat galvanis ini.

Sedangkan pada lubang lagi, lanjut dibautkan dengan braket lampu bawaan Byson. Dengan begitu, batok lampu yang keren tadi sudah bisa langsung nempel di Scorpio.

Urusan selanjutnya tentu masalah jalur kabel. Itulah enaknya menggunakan lampu dari merek yang sama. Warna kabel sama sehingga proses menyatukannya lebih gampang. "Apalagi tinggal menggabungkan soket asli  Scorpio dengan soket bawaan lampu Byson yang dibeli tadi." 

Jika sudah nyambung dan nyala,  pasti akan terlihat beda.  (motorplus-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money