Sabtu, 31 Desember 2011

Atasi Roda Belakang Skubek Macet

Atasi Roda Belakang Skubek Macet

 Musim hujan bisa membawa dampak buruk terhadap motor. Genangan air campur debu yang melekat di pori-pori komponen rawan timbulkan karat. Kalau sudah begitu, biasanya roda susah dicopot dari porosnya. Seperti terjadi pada roda belakang matic. Susah dilepas lantaran mur, as dan lubang as di teromol berkarat.

Mungkin karena lama enggak dicek. Sehingga pertemuan antara teromol dan as roda kerap macet. Akibatnya roda susah dilepas dan bikin masalah baru. Kalau sudah begitu, jalan satu-satunya dibongkar pakai treker.

Untuk memisahkannya, sebelum pakai pengungkit khusus atau treker, jangan lupa as roda dilumasi cairan penghancur karat. Sambil diketok palu plastik biar karatnya lepas.

Kalau sudah siap, kaitkan tiga kaki treker ke lingkar luar teromol. Sementara besi poros tengah berulir diarahkan ke as roda. Setelah di posisinya, lanjut putar besi poros tengah berulir pakai kunci 15.

Lakukan perlahan hingga teromol bergeser sambil diketok-ketok palu plastik. Kalau sudah terpisah, jangan lupa bersihkan as roda biar enggak susah lagi waktu dibongkar. Misal dengan cara menghilangkan sisa karat di gir as roda pakai gergaji besi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money