skip to main |
skip to sidebar
Teknologi Injeksi Honda (bag.2), Fast Idel Selenoid Valve Untuk Safety Matik
Throttle body
dari perangkat injeksi step 4 yang dipakai Honda Supra X125 PGM-FI Helm
In dan Spacy Helm In PGM-FI memang lebih simpel. Ada dua sensor yang
dihilangkan dan fungsinya digantikan oleh sensor lain, ulasannya sudah ditayang beberapa hari yang lalu .
Meski
cuma ada injektor, tapi di Spacy Helm In PGM-FI ada satu perangkat
tambahan. Namanya FISV alias Fast Idel Selenoid Valve. Apaan sih? Yuk
kita tanya langsung pada ahlinya.
"Ini adalah perangkat untuk
memudahkan proses starter saat awal mesin dihidupkan. Fungsinya mirip
auto choke," buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor
PT Astra Honda Motor (AHM).
Alat yang terpasang berdekatan dengan
Throttle Position Sensor (TPS) itu fungsinya sama seperti cuk otomatis,
yaitu untuk mempermudah proses penyalaan motor ketika pertama
dihidupkan dengan menambah pasokan bahan bakar.
Lebih lanjut
Endro menjelaskan kalau sejatinya injeksi sudah sangat mudah dihidupkan.
Tapi atas nama keamanan, alat ini tetap disertakan.
Logikannya,
ketika mesin sulit dinyalakan maka pengendara akan membuka throttle atau
selongsong gas lebih dalam agar suplai bahan bakar jadi lebih banyak.
Efek buruknya, putaran mesin langsung melengking tinggi.
Pada
sepeda motor jenis bebek atau sport yang transmisinya bisa dinetralkan
mungkin tak ada masalah. "Tapi pada skubek, kalau digas bisa langsung
jalan. Tentunya bahaya," beber Endro.
"Jadi meski sebenarnya
tanpa FISV pun tetap mudah hidup, tapi untuk mengantisipasi hal-hal yang
tidak diinginkan alat ini tetap ditambahkan pada skubek dengan
transmisi CVT," aku pria ramah ini.
Enggak bakal loncat saat start nih! (motorplus-online.com)
0 komentar:
Posting Komentar