Kamis, 29 Desember 2011

Sasis Monocoque Ducati 1199 Panigale!

Sasis Monocoque Ducati 1199 Panigale!

 Sebelumnya kita hanya bisa melihat Ducati 1199 Panigale dalam keadaan full fairing. Pasti banyak yang penasaran dengan bentuk sasis monocoque-nya kan? Nah, lewat foto-foto ini silahkan dicermati konstruksinya!

Sasis monocoque ini memang mirip seperti yang dipakai Ducati di MotoGP. Bedanya, yang ini bukan terbuat dari carbon tapi dari alumunium. Bentuk sasis ini menjadikan mesin sebagai bagian dari rangka.


Rangka bagian depan yang berfungsi sebagai rumah komstir dan air box ini langsung menempel ke silinder head di mesin. Sedang mesinnya menjadi rangka tengah dimana swing arm untuk suspensi belakang dan rangka belakang sebagai dudukan jok diikat langsung ke mesin.

Konstruksi ini konon mampu menekan bobot. Kabarnya motor yang punya tenaga hingga 195 hp di 10.750 rpm ini beratnya hanya 164 kilogram saja!

Suspensinya juga paten punya. Ducati melengkapi dengan Ducati Electronic Suspension (DES) dari Ohlins. Suspensi ini secara otomatis bisa mengatur kompresi dan rebound sesuai dengan mode berkendara.


Mesin Superquadro


Motor ini menggunakan mesin V twin 90 derajat yang benar-benar baru dan dijuluki "Superquadro" karena memiliki karakter sangat over square.

Diameter pistonnya jauh lebih besar ketimbang stroke-nya. Pistonnya berdiameter 112 mm sedang stroke-nya cuma 60,8 mm. Mesin seperti ini punya karakter cepat bergangsing hingga putaran tinggi.

Agar tidak terlalu liar, Ducati menyediakan pilihan power mode. Yang pertama, tenaga bisa diset hanya 120hp dengan respon throttle halus. Lalu ada pilihan 195 hp dengan respon smooth throttle. Dan terakhir benar-benar mengeluarkan keliarannya, 195 hp dengan respon direct throttle. Liar!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money