Sabtu, 10 Desember 2011

Salah Perawatan Bikin Rantai Cepat Aus!

Salah Perawatan Bikin Rantai Cepat Aus!

 Kesalahan perawatan kerap dilakukan pengendara terhadap rantai motornya. Ini menjadi penyebab utama penggunaan rantai terutama bawaan pabrik cepat aus.

Willianto Husada, Deputy Director PT Indomobil Bhupala, distributor Indoparts mengakui. “Untuk rantai bawaan pabrik yang sudah menerapkan teknologi O-ring tidak perlu lagi diberikan pelumas tambahan. Sebab, di rantainya sendiri sudah mengandung pelumas khusus,” jelasnya.

Ketidaktahuan ini diperparah lagi dengan menambahkan cairan-cairan seperti oli atau bensin ke bagian rantai. “Kejadian ini membuat karet O-ring jadi cepat rusak karena bensin itu,” katanya.

Gunawan, dari Otomart menambahkan, kalaupun hendak diberikan tambahan pelumas untuk rantai after-market sebaiknya gunakan pelumas khusus untuk perawatan rantai. “Misalnya yang dijual bebas seperti chainlube,” ungkapnya.

Mengecek tingkat ukuran kekencangan rantai perlu rutin dilakukan. “Ukurlah tingkat kekencangan pada rantai. Paling tidak 2 minggu sekali,” kata Gunawan. Cepat amat ya?

Segeralah periksa jika terdengar suara-suara yang aneh keluar dari rantai motor. Pastikan kondisi rantai dalam keadaan baik, jika tidak ingin putus di jalan. (motorplus-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money