Minerva 150, Tidak Lupa asal
Moge Yamaha R6 memang punya
pesona sebagai besutan supersport sejati. Itu yang membuat Franka rela
‘mengacak-acak’ Minerva 150 miliknya agar menyerupai R6.
Basic
motor mengandalkan Miverva sudah sangat mendukung. Karena memiliki
konstruksi mudah dibentuk. Lantaran asalnya sudah punya tampilan motor
sport yang full fairing.
Modifikasi di rangka cukup dua yang
dilakukan. Deltabox ditambah pelat baru yang desainnya menyerupai milik
Yamaha R6. Juga sub frame pada rangka belakang dibentuk lebih tinggi
lagi.
Kecuali, bodinya. “Untuk mengikuti Yamaha R6, seluruh bodi
lama enggak ada lagi yang dipakai. Tapi, part-part yang mendukung
lainnya masih tetap andalkan milik Minerva. Utamanya bagian lampu depan
masih pakai punya aslinya,” bilang Budi Dave dari bengkel Dave Motor
Concept di Jl. Keadilan, Rawa Denok, Rangkepan Jaya, Depok.
Dave
Motor Concept yang memang spesialis ubahan pakai pelat besi ini
langsung merangkai bodi baru untuk Minerva. “Seluruh sudah full pelat,
cuma untuk menekan bobot motor, mengandalkan pelat galvanis yang lebih
ringan,” lanjut Budi yang menambahkan proses pelapisan dempul juga
dibuat lebih tipis.
Agar pengendalian motor masih tetap nyaman
dipakai harian, dimensi bodi yang diaplikasi tidak dibuat gambot. Justru
desainnya lebih slim, malah dimensinya juga dibuat sama dengan bodi
lama Minerva.
Bisa dilihat dari model fairing dan bodi belakang.
Lekukan bodi tetap dibuat menyerupai Yamaha R6 namun bodinya enggak
terlalu besar. “Kalau terlalu besar, selain handling jadi kurang nyaman
tampilannya juga jadi enggak oke, soalnya kaki-kaki masih andalkan
bawaan motor,” lanjut Budi.
Seperti sok depan model upside down
bawaan dari Minerva. Sedangkan untuk lengan ayun belakang aslinya yang
dimodifikasi, sehingga modelnya meyerupai arm Yamaha R6.
Supaya akselerasi lebih responsip, Budi mengandalkan knalpot racing sebagai saluran gas buang baru. "Model dan desain knalpot ini seluruhnya ubahan dari DMC," tutup builder ramah ini
Kelir Identitas
Biasanya kalau sudah ganti bodi, identitas asli motor sengaja dihilangkan. Namun tidak buat Franka, pemilik motor ini tetap pede menampilkan identitas Minerva yang ditempel pada fairing bawah dan logonya di bagian tangki.
Untuk pemilihan warna, sengaja masih dominan kelir merah yang mengikuti warna asli identitas Minerva, mengandalkan kelir merah Ferarri. “Biar telihat lebih tegas dikolaborasi dengan warna hitam pada bagian bawah.
"Biar lebih manis, diselipkan grafis berupa tarikan cutting sticker pada bagian tengah fairing ” lanjut Budi lagi. (motorplus-online.com)
0 komentar:
Posting Komentar