Selasa, 20 Desember 2011

Honda CRF 150R, Special Engine 150cc Berteknologi Unicam

Honda CRF 150R, Special Engine 150cc Berteknologi Unicam

 Motocross ringan memang memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya khususnya crosser pemula. Tak heran jika pabrikan Jepang masih mengeluarkan tipe tersebut, seperti Honda CRF 150R yang satu ini.
 
Dari bentuk bodi tak jauh beda dengan special engine CRF series keluaran Honda. Warna merah jadi cirinya, bahkan bentuk sayap di tanki juga sama.

Suspensi juga di setting maksimal agar mampu menerabas segala medan, serta kompetitif saat berlomba. Tak heran jika motor ini diklaim Honda sebagai ‘MX machine in the Mini Class’.
 
Suspensi depan dikawal tipe adjustable 37 mm dari Showa. Sementara suspensi belakang dibekali tipe Pro-Link fully adjustable juga dari Showa. Sedangkan ukuran ban dipasang berbeda ukuran, dimana ban depan menggunakan 70/100-17, dan belakang 90/100-14. Sedang untuk versi CRF150RII pakai kombinasi roda 19 dan 16 inci.
 
Sejak dikeluarkan perdana di 2003 silam, CRF 150R sudah mengalami tiga kali pengembangan mesin. Dan edisi terakhir ini mengandalkan 149cc liquid-cooled single-silinder Unicam dengan sistem bahan bakar dari Keihin.


Unicam sendiri merupakan mekanisme buka-tutup klep unik yang menjadi ciri khas special engine Honda. Menggunakan satu kem layaknya mesin SOHC, tapi memiliki 3 atau empat tonjolan kem.

Dua tonjolan kem bekerja langsung mendorong klep masuk layaknya mesin DOHC, tonjolan kem lainnya menggerakan klep buang dengan bantuan rocker arm seperti mesin SOHC.

Dengan konstruksi ini, performannya diyakini sangat baik dengan konstruksi kepala silinder yang lebih ringkas. Sehingga menguntungkan Honda ketika meracik sasis yang tetap ringan dan juga kompak.

Oiya, CRF 150R yang mengandalkan transmisi close ratio 5-speed juga mengaplikasi rem cakram berukuran 220 mm di depan, dan cakram 190 mm di belakang.Untuk harganya, di Amerika CRF 150R dilepas USD 4490, atau sekitar Rp 40,6 juta. (motorplus-online.com) 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money