Senin, 26 Desember 2011

Aneka Motor, Spesialis Part Motor Eropa Lawas Berdiri Sejak 1948

Aneka Motor, Spesialis Part Motor Eropa Lawas Berdiri Sejak 1948

 H. Engkun Sulaeman bukan saja dikenal para pecinta motor Eropa lawas. Harusnya masuk guiness of record. Kan berdiri sejak 1948, sesuai judul di atas. He..he..he.. Maksudnya gerai Aneka Motor miliknya merupakan toko paling tua. Bayangkan saja, doi sudah menjajakan dagangan sejak 1948 itu.

“Kebetulan, pada tahun itu. Saya dipercaya oleh empat dealer dari produk-produk motor Eropa ini. Makanya soal spare part seluruh motor buatan Eropa, terutama Inggris, sangat paham betul,” kenang Ayah lima putra dan satu putri ini.

Pria yang sekarang sudah sentuh usia 84 tahun ini, sampai sekarang khusus menyediakan part macam BSA, Ariel atau BWM (berbagai varian). “Tapi, karena banyak permintaan. Ada juga komponen motor tua buatan Jepang. Tapi, jumlahnya terbatas,” jelas H. Engkun.

Bahkan apresiasi lebih juga diberikan oleh dealer-dealer motor Eropa itu untuk meracik beberapa onderdil. Tepatnya, sejak tahun 1952. “Tapi, itu hanya sebatas onderdil atau variasi sederhana. Seperti handle rem dan kopling, tutup lampu atau beberapa pernik lain," ujarnya.

Seiring dealer motor itu tutup di tanah air. Spare part sulit didapat. Akhir H. Engkun meracik beberapa part sendiri. Misal knalpot, jok, batok lampu dan banyak lagi. Kan tak cuma bikin satu merek. Termasuk piston dan noken as. Harganya, pasti agak murah. "Jok dijual Rp 1 jutaan. Knalpot Rp 750 ribu sampai 1,25 juta.  

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money