Tips Mengatur Putaran Gas Motor
Paling enggak enak, saat mengendarai motor, putaran
gas (grip) seret. Apalagi ketika hendak menyalip, tentu butuh tenaga
mesin yang didapat dengan memutar grip. Akibatnya, suara mesin terkadang
meraung ketika genggaman tangan tidak memegang erat grip gas.
Grip
gas bisa seret disebabkan kurang perawatan. Biasanya, air hujan yang
jadi biang penimbul karat. Karena kurang terlumasi bikin putaran grip
gas tidak lancar. "Grip gas macet saat hujan bukan hanya dialami Jupiter
MX saja, tapi merek lain. Makanya, perlu dicek meski hanya sebatas
melihat," ujar Maman Sugiman, kepala instruktur Sekolah mekanik Hartomo
Mechanical Training Center (HMTC).
Disarankan
cek seperti celah di seputar rumah grip, terutama lekukan pipa besi
yang ujungnya disarungi. Sebab kalau air meresap dan bersarang di kabel
gas, putaran balik grip jadi berat, kata Boim - sapaan akrab Maman.
Bekas
karat atau kerak yang sudah lama menumpuk di sarang kabel gas akan
memperburuk keadaan. Akibatnya, bukan cuma seret, piston skep ogah balik
alias nyangkut dan suara mesin pun meraung. Kalau sudah begini, bagian
tersebut disarankan untuk dicuci dan dilumasi. Ingat, jangan pakai oli
bekas karena terdapat kotoran.
Kemudian,
sekalian periksa pegas pembalik piston skep atau katup kupu-kupu.
Lalau, pastikan cuk dalam kondisi bebas alias enggak nyangkut. Sebab,
cuk dalam posisi "ON" memungkinkan bodi karbu ada titik air akibat suhu
sekitar dingin ditambah hujan. (KR15)
Sumber :
metroaktual.com
0 komentar:
Posting Komentar