skip to main |
skip to sidebar
Penampilan pembalap asal Italia, Valentino Rossi di Sirkuit Sachsenring,
Jerman Minggu, 17 Juli 2011 besama tim Ducati Corse dengan menunggangi
Ducati GP11 merupakan yang ke-250 kali. Selama kiprah sebelumnya di tiga
tim berbeda, Rossi telah meraih 9 gelar juara, sekaligus sebagai
pembalap tersukses sepanjang sejarah. Berikut 5 motor yang pernah
digunakan pembalap berjuluk âÂÂThe Doctorsâ di ajang MotoGP yang
selalu berakhir dengan juara
1. Aprilia RS 125 (125cc)
Motor ini merupakan kendaraan yang digunakan pertamakalinya saat tampil
di ajang MotoGP kelas 125 cc pada tahun 1996. Namun saat itu Rossi hanya
menempati posisi 9 klasemen akhir. Baru setahun kemudian dengan
tunggangan yang sama Rossi menjadi juara.
Aprilia RS 125 (Sumber: blogspot.com)
2. Aprilia RS 250 (250 cc)
Setelah menjuarai MotoGP 125 cc, setahun kemudian riders kelahiran
Urbino, 16 Februari 1979 ini naik ke kelas 250 cc. Seperti dikelas 125
cc, Rossi tak langsung in. Setelah tahun pertamanya hanya menjadi
runner-up, Rossi yang mengendarai Aprilia RS 250, bersama tim Nastro
Azzuro Aprilia Granprix Racing baru bisa juara ditahun kedua, 1999.
Aprilia RS 250 (Sumber: blogspot.com)
3.Honda NSR 500 (500 cc)
Sebelum ditetapkan MotoGP (kelas di atas 800 cc) sebagai kelas paling
bergengsi, kelas 500 cc adalah impian para riders. Tak terkecuali
âÂÂThe Doctorâ Rossi. Dua sejarah sebelumnya yang gagal di tahun
pertama, Rossi baru menjadi yang terbaik di kelas 500 cc ditahun kedua
(2001). Dari 16 seri Rossi mengumpulkan poin 355 untuk memastikan gelar
juaranya.
Honda NSR 500 (Sumber: flickr.com)
4. Honda RC211V (990 cc)
Setelah regulasi balapan tidak lagi menggunakan kelas 500 cc, gelaran
paling bergengsi memakai identitas MotoGP di tahun 2002. Rossi yang
tergabung dalam tim Honda HRC memagai varian RC211V sebagai kuda besi
tunggangannya. Bersama V engine empat langkah ini, Rossi langsung keluar
sebagai juara dan bisa mempertahankannya di tahun berikutnya.
Honda RC211V (Sumber: thundafunda.com)
5. Yamaha YZR M1 (800 cc)
Sebuah keputusan kontroversial diambil Rossi. Walaupun sukses dua musim
bersama Honda menjuarai dua musim awal MotoGP, The Doctor memutuskan
pindah menuju pabrikan Yamaha. Prestasi maksimal langsung
diperlihatkannya dengan langsung menjuarai MotoGP pertamanya bersama
Yamaha. Bersama tim Gauloises Fortuna dan menunggangi Yamaha YZR M1,
pemilik nomor 46 ini juara dengan poin 304 dari 16 seri yang
dilakoninya. (**)
Sumber: www.wikipedia.org, uniknya.com, Juli 2011
0 komentar:
Posting Komentar